Sejarah

[R]evolution

Bersama Zaman, Bersama Cakrawala

 

Karena zaman tak pernah diam; bergerak dan terus berubah
maka komitmen kami adalah berubah dan berbenah bersamanya
berselaras dengan perkembangan ilmu dan teknologi
yang kadang perubahan itu tidak cukup terjadi secara perlahan [evolusi]
melainkan secara cepat, spontan, dan radikal [revolusi].

Bagikan sejarah pesawat terbang, yang meskipun dilihat dari kurun waktu menunjukkan perubahan perlahan [5 abad], tapi dari sisi desain dan teknologi, memperlihatkan terjadinya perubahan yang radikal. Bahkan jika kita tengok lebih jauh, sesungguhnya pesawat terbang adalah salah satu tonggak peradaban zaman dan bermula dari sebuah khayalan yang [kala itu] absurd.

Kami bermaksud menjadi “pesawat terbang”. Fenomena yang mulanya hanyalah impian [yang dianggap] kosong, lantas menjadi kenyataan sejarah yang tak terelakkan.

Tentu dengan perubahan-perubahan yang secara sadar kami lakukan.
Dan itu tidak cukup dengan evolusi melainkan dengan huruf [R] di depannya.

Berubah Nama

Kali pertama dikembangkan [tahun 1993] dengan nama CV Cakrawala Persada sebagai hasil kerjasama antara pemilik perusahaan dengan pengelola. Dalam perkembangan selanjutnya, pemilik CV Cakrawala Persada melepas semua asetnya yang sebagian diambil alih oleh pengelola dan di kemudian hari mendirikan perusahaan baru dengan nama CV Cakrawala [1997].

Saat itu bisa dikatakan jika kami memulai dari nol atau istilah kami “moderat” (modal dengkul dan urat). Bekal kami hanya tekad, plus mesin potong DQ 201 dan mesin offset Toko 820.

Berubah Logo

Logo adalah bagian dari . Bagi sebagian corporate identity perusahaan, perubahan logo menjadi tabu karena menyangkut kebanggaan histories. Tapi bagi sebagian yang lain, perubahan logo adalah alat yang sangat menarik untuk meng-komunikasikan perubahan. Dalam sejarahnya, Cakrawala telah tiga kali melakukan pergantian logo untuk menandai tekad kami yang selalu ingin berubah dan berbenah.

Berubah Bidang Garap

Semula Cakrawala didedikasikan khusus untuk melayani kebutuhan cetak-mencetak [printing], baik sablon maupun offset. Dalam perkembangnnya, Cakrawala melebarkan sayap di dunia penerbitan [publishing, 1997] dengan bendera KANZUN BOOK dan dunia pariwara [advertising]. Dengan berkembangnya bidang garap ini, kami bermaksud memperluas jangkauan “pengabdian” kami.

Berubah Strategi

Kami sadar bahwa dukungan masyarakat sangat menopang bisnis Cakrawala. Karena itu strategi [pemasaran] awal yang hanya berorientasi pada hubungan personal, kami kembangkan pada tarap Cakrawala sebagai “milik” publik. Ini ditandai misalnya oleh iklan kami di Yellow Pages [1998 – sekarang]. Dengan demikian, jika dalam sejarah awal para customer Cakrawala adalah teman atau keluarga dekat, kini berbagai perusahan besar dan ternama dari berbagai wilayah Indonesia telah mempercayakan pekerjaannya kepada kami.

Berubah Orientasi Kerja

Di awal sejarah Cakrawala, kami sering berpikir bahwa bekerja adalah untuk kepuasan [profit] kami. Dengan orientasi seperti ini kami sering terjebak untuk menyelesaikan pekerjaan apa jadinya, sehingga customer satisfaction [kepuasan pelanggan] seiring terabaikan.

Dengan penuh kesadaran, orientasi itu kami kembangkan menjadi prinsip kepuasan yang menyeluruh. Inilah yang kami maksud dengan semboyan kami “Karya Kami adalah Senyum Anda [Our Creation is Your Big Smile]”. Untuk mewujudkan semboyan itu kami menerapkan prinsip “bekerja dengan empati” [jika pelanggan puas mutu, puas harga, dan puas layanan; kami baru ikut merasa puas].

Berubah Positioning

Akhirnya, kami mencoba untuk memposisikan diri menjadi pilihan karena satu keunggulan yang memang kami tawarkan [bukan seperti dulu inginnya merengkuh semua keunggulan yang sepertinya musykil]. Maka di akhir 2005 kami membangun posisi “Jika Cetak Mencetak Bukan Sekedar Soal Harga – karena di perusahaan kami diajarkan komitmen untuk menghasilkan karya yang berkualitas”.

Share!Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0